Prodi budidaya perairan Almuslim ikut berpartisapasi dalam kegiatan vaksinasi ikan nila









Matang “ Program Studi Budidaya Perairan Fakultas Pertanian UNIVERSITAS ALMUSLIM ikut berpartisipasi dalam pelaksaan vaksinasi bagi petani ikan nila di Desa Pulo Naleung Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen, Rabu (7/2013). Kolam milik masyarakat puloe naleun yang merupakan cluster binaan BBAP Ujong Batee Aceh Besar Propinsi Aceh.

Rindhira Humairani, S.Pi, M.Si, mengatakan dalam pedampingan, tujuan kegiatan vaksinasi ini adalah untuk meningkatkan hasil produksi budidaya ikan yang lebih baik dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Kasus yang sering terjadi pada Budidaya Ikan Nila lebih banyak terserang bakteri Streptococcus, sehingga dapat menghambat pertumbuhan Ikan Nila karena daya tahannya terhadap serangan penyakit rendah. Dengan adanya vaksinasi, daya tahan (resistensi) Nila terhadap serangan penyakit menjadi lebih baik sehingga hasil produksi juga akan terjadi peningkatan. Yang menjadi permasalahan, kalangan petani umumnya awam dalam menggunakan vaksin, sehingga kegiatan ini perlu didukung.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang di lakukan oleh BBAP dalam keterlibatan kaprodi budidaya perairan fakultas pertanian UNIVERSITAS ALMUSLIM, jugak bergerak dalam budidaya ikan sehingga kedepan nya nantik mahasiswa dengan ilmu yang sudah di miliki dapat mengajar masyarakat secara lansung di lapangan


0 komentar: